Apa Formula Rahasia dari Spray Polyurethane Foam?

Apa Formula Rahasia dari Spray Polyurethane Foam

Apa Formula Rahasia dari Spray Polyurethane Foam? – SPF atau yang merupakan kepanjangan dari Spray Polyurethane Foam merupakan sebuah inovasi terkini yang bisa diaplikasikan kepada bangunan, baik untuk pabrik-pabrik, perkantoran, bangunan gedung lainnya, atau bahkan untuk kebutuhan rumah tangga dan bangunan kecil seperti studio dan lainnya.

Teknologinya bisa disebut sebagai thermal barrier atau juga peredam panas yang sangat efektif. Jika Anda masih merasa awam, produk SPF bisa membuat rumah Anda menjadi anti panas, karena kandungan polyurethane yang berada di dalamnya akan memberikan proteksi agar panas dari luar tidak  bisa dengan mudah masuk merambat ke dalam, baik melalui atap, dinding atau juga lantai.

Bahan yang satu ini juga sangat dibutuhkan sekali dalam pembuatan industri sejak lima belas tahun yang lalu untuk produk peredam suhu seperti thermos, cold storage, kulkas dan masih banyak yang lainnya. Dan sangat banyak digunakan di Eropa dan juga Asia yang memang memiliki banyak iklim tropis yang panas. Lantas, untuk Spray Polyurethane Foam ini, sebenarnya apa formula rahasianya? Bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut sudah dibahas dengan lengkap detailnya.

Formula Unggulan Spray Polyurethane Foam

Seperti namanya, SPF ini merupakan sebuah produk polyurethane yang bentuknya berupa foam keras. Busa ini akan disemprotkan pada bagian yang diinginkan untuk meredam panas dan juga suara.

Nah, busa semprot sendiri merupakan perpaduan dari dua bahan kimia yaitu poliol dan resin isosianat. Begitu kedua bahan ini dicampur, maka akan mengembang hingga sebanyak 30-60 kali! Pada awalnya, busa poliuretan ini akhirnya bisa menjadi busa kering setelah dicampurkan beberapa bahan kimia atas temuan dari Otto Bayer pada tahun 1937. Lantas, busa ini sangat populer untuk keperluan sol sepatu, dan akhirnya mulai digunakan pada pesawat terbang pada tahun 1940-an.

Pada tahun 1979, barulah bahan ini mulai digunakan sebagai insulasi bangunan dan juga keperluan industri yang lainnya. Ini dikarenakan kepadatan dan juga struktur sel rapat yang diusung oleh SPF. Dan sebenarnya, banyak sekali produk busa semprot insulan untuk keperluan industri, namun SPF adalah yang paling efektif dan juga populer. Ini dikarenakan nilai-R yang yang sangat tinggi, dan bahkan menjadi yang paling tinggi di antara semua produk lainnya. Nilai R sendiri adalah sebuah kondisi yang diberikan pada resistensi termal kepada aliran panas. Semakin tinggi nilai-R-nya, berarti semakin efektif juga produknya dalam menangkal panas atau teknologi insulasinya.

Untuk polyurethane foam sendiri, akan memblokir tiga bentuk panas secara efektif, yaitu :

1. Panas Konduktif

Ini merupakan sebuah energi panas yang berpindah melalui suatu zat, dari suhu tinggi ke suhu yang rendah. Contoh sehari-hari yang sesuai dengan kondisi ini adalah pada bangunan, atau juga rumah. Apabila berada di area yang memang terik atau panas, maka suhu tinggi di luar akan merembet ke suhu rendah yang berada di dalam. Jadi, meski pun Anda berada di dalam ruangan, yang sudah terlindungi oleh atap dan dinding bangunan dari paparan langsung matahari, Anda tetap merasa gerah atau panas. Ini dikarenakan panas konduktif yang terjadi, dan merambat melalui atap atau dinding tersebut.

Produk yang satu ini bisa secara efektif menghambat panas konduktif karena ikatan molekulnya. Sel dalam busa semprot ini juga mengandung H(C)FO (1336mfc(Z), 1233zd (E)).

2. Panas Radiasi

Kalau jenis panas yang satu ini merambat secara langsung tanpa adanya perantara dan biasanya berbentuk cahaya dan dapat diserap oleh bahan lain yang memiliki reflektivitas IR cukup rendah. 

3. Panas Konvektif

Ini merupakan panas yang bisa merambat melalui air atau udara, dari interior menuju eksterior. Dengan adanya  busa semprot polyurethane ini, maka akan memblokir perpindahan panas konvektif karena kemampuan segel udaranya. Ini sangat efektif untuk menangkal panas.

Apa Formula Rahasia dari Spray Polyurethane Foam

 Jenis Spray Polyurethane Foam

Insulasi SPF ini merupakan representasi dari insulasi tradisional bangunan seperti fiberglass. SPF ini juga sering disebut sebagai semprot busa. Dengan dua campuran komponen, yaitu poliol dan resin isosianat, formulanya akan membentuk sebuah busa mengembang yang dapat disemprotkan pada area yang diinginkan. Ini menciptakan insulasi termal yang secara efektif dapat meminimalisir infiltrasi udara. Untuk jenis yang diusungnya sendiri terdapat dua, yaitu insulasi busa semprot sel terbuka, dan insulasi busa semprot tertutup.

Untuk insulasi busa semprot sel terbuka (ocSPF) memiliki kepadatan ringan, yang dapat membuat busa bisa dihancurkan dengan mudah menggunakan tangan. Karena hal ini, nilai-R nya juga cukup rendah. SPF ini biasa disebut sebagai busa setengah pon. Saat menyemprotkannya, Anda akan mendapati bentuk busa yang seperti spons, dengan sel kecil terbuka. Karena sifat mengembangnya ini, SPF ringan lebih banyak digunakan pada rongga, celah atau retakan pada bangunan.

NIlai-R nya sendiri bervariasi, namun umumnya sekitar 3,8 perinci-nya. Karena lapisannya yang tipis, tidak terlalu efektif untuk meredam panas atau juga suara. Biasanya hanya digunakan untuk interior ruangan kecil.  Sedangkan insulasi busa semprot sel tertutup memiliki kepadatan yang lebih keras (ccSPF). Bentuknya kaku begitu disentuh, dan akan benar-benar menyegel setiap sel udara yang ada. Nilai R-nya juga tentunya lebih tinggi, yaitu sekitar 5,1 hingga 6 perinci. Ini merupakan sebuah teknologi yang akan sangat efektif untuk menangkal panas dan juga suara.

Kedua jenis dari SPF ini memang memiliki ciri khusus yang dibawanya masing-masing. ccSPF atau spray polyurethane yang memiliki nilai-R lebih tinggi tentunya lebih ampuh untuk dijadikan peredam panas dan suara, namun harga yang dibandrolnya juga lebih mahal dari milik ocSPF.

You Might Also Like