Kelebihan dan Kekurangan dari Spray Polyurethane Foam!

Kelebihan dan Kekurangan dari Spray Polyurethane Foam!

Kelebihan dan Kekurangan dari Spray Polyurethane Foam! РSpray Polyurethane Foam atau yang biasa disebut sebagai SPF adalah sebuah produk yang dapat secara efektif membuat bangunan bisa terhindari dari panas outdoor. SPF akan  meredam panas dari luar, dan membuat suhu di dalam ruangan tetap stabil dengan teknologi yang diusungnya. Ini mengapa, produk ini sangat cocok apabila Anda menginginkan bangunan yang hendak ditempati akan terasa lebih nyaman dan tentunya juga hemat listrik. Bagaimana bisa seperti itu?

Karena dengan mendapatkan ruangan yang tidak panas atau pengap lagi, Anda tidak perlu repot-repot menyalakan kipas angin atau bahkan AC yang disinyalir menghabiskan biaya listrik cukup besar. Hanya dengan menyemprotkan produk ini, maka ruangan tempat Anda tinggal akan terasa adem, dan bahkan juga kedap suara. Namun, selain ketiga hal itu, ternyata masih banyak lagi kelebihan atau manfaat yang bisa didapatkan dengan memakai SPF ini. Begitu pula dengan kekurangan yang tentunya juga tidak bisa dilepaskan. Apa saja itu? Berikut sudah dikupas tuntas dalam ulasan di bawah ini!

Kelebihan Memakai Spray Polyurethane Foam

Seperti yang diketahui, SPF merupakan sebuah terobosan inovasi terkini yang bisa secara efektif membuat bangunan menjadi kedap panas dan juga kedap suara. Sistem seperti ini bisa disebut juga sebagai produk insulasi. Biasanya pada proyek-proyek yang menggunakan produk insulasi seperti ini menggunakan kombinasi bahan aluminium foil tipe bubble, aluminium foil dan glasswool, insulasi berbahan polyurethane dan juga insulasi berbahan serat selulosa. Nah, SPF ini merupakan bagian dari insulasi berbahan polyurethane.

Jika Anda masih sangat awam atau sama sekali tidak tahu bagaimana rupa dari produk ini, SPF berbentuk busa keras yang tebal. Ini merupakan hasil reaksi Isocyanate dan Polyol yang dipadukan dengan katalis, juga senyawa aditif yang lainnya. Cara pengaplikasiannya adalah dengan disemprot menggunakan tekanan yang tinggi. Dan biasanya bisa diaplikasikan ke bagian mana pun yang Anda inginkan, seperti atap, dinding, atau lantai beton. Hal ini akan membuat insulasi tanpa adanya celah yang akhirnya dapat berfungsi sebagai peredam panas atau suara tadi.

Lantas, apa saja kelebihan-kelebihan yang bisa didapatkan dengan memakai produk semprot bagunan dan rumah ini?

1. Meredam Panas

Thermal Barrier merupakan istilah yang digunakan untuk sesuatu yang bisa meredam panas dengan baik. Ini merupakan kelebihan utama yang bisa Anda dapatkan dari produk SPF. Terlebih, iklim yang kita miliki adalah tropis, sehingga wajar saja merasakan panas akibat teriknya matahari. Apalagi, jika bangunan yang Anda tempati berada di area yang kurang strategis untuk suhunya, seperti area dengan pepohonan yang minim, atau juga di tengah sibuknya kota yang penuh oleh udara panas. Atau bisa juga, pabrik yang dibangun di tengah area luas tanpa adanya peneduhan sama sekali, dan kantor yang dibangun beberapa lantai ke atas.

Bangunan-bangunan yang disebutkan baru saja sangat rentan dengan hawa panas. Energi panas dari luar akan mudah menyerap melalui tembok, dan mempengaruhi suhu di dalam ruangan. Anda akan merasa gerah, dan juga pengap. Ini sangat wajar dialami, jadi tinggal bagaimana Anda dalam menanggapinya. Memasang banyak AC atau kipas super besar untuk seluruh ruangan? Atau menyemprotkan polyurethane foam ini untuk kepentingan jangka panjang ke depannya?

2. Peredam Suara

Ini juga sudah dibahas sebelumnya, bahwa selain meredam panas, SPF ternyata juga sangat efektif dalam meredam suara. Jadi, apabila Anda tinggal di lingkungan yang rawan oleh kebisingan mengganggu, seperti di dekat fasilitas atau tempat umum layaknya pasar, sebuah sekolahan, atau juga merasa terganggu dengan suara derasnya hujan di atap, maka menggunakan SPF ini akan menjadi langkah yang cerdas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan polyurethane ini untuk bangunan yang memang membutuhkan sistem kedap suara seperti ruangan karaoke, atau juga studio musik.

Kelebihan dan Kekurangan dari Spray Polyurethane Foam!

 

3. Menahan Rembesan Air

Poin ketiga ini merupakan kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan begitu memakai produk yang satu ini, yaitu tembok akan lebih tahan dengan rembesan air. Dengan teknologi yang diusungnya, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan rembesan air yang memiliki potensi besar untuk menyebabkan tumbuhnya jamur di mana-mana.

4. Hemat Listrik

Ini memiliki korelasi dengan poin satu. Dengan memakai produk insulasi polyurethane foam, maka Anda bisa sangat meminimalisir bahkan tidak menggunakan sama sekali alat pendingin ruangan seperti layaknya kipas angin atau juga AC. Seperti yang bisa diketahui, kedua produk itu, khususnya AC, sudah terkenal akan pemakaian listriknya yang besar. Dengan ini, Anda bisa sangat menghemat pengeluaran biaya listrik.

5. Fire Retardant

Sifat ini rata-rata dimiliki oleh produk Polyurethane, yaitu tidak bisa merambatkan api. Ini tentunya sangat baik untuk menjaga keselamatan. Dan selain itu, SPF juga disinyalir tidak bereaksi pada bahan kimia sehingga bisa mencegah korosi juga.

6. Sangat Awet

Dengan memakai produk yang satu ini, Anda bisa mendapatkan teknologi dan semua kelebihannya dengan sangat awet, bahkan hingga untuk sepuluh tahun yang akan datang. Ini mengapa, SPF sangat banyak direkomendasikan.

Kelemahan Produk Spray Polyurethane Foam

Setelah segudang kelebihan yang diusungnya tadi, kini akhirnya tibalah juga pada kekurangan yang diusung oleh produk SPF. Sebenarnya tidak terlalu berat, atau juga fatal. Ini tergantung dari ketelitian Anda sebelum memakai produknya. SPF ini memiliki sifat menyatu, sehingga akan sulit melakukan perbaikan jika sudah menggunakan produknya. Ini mengapa, Anda harus meninjau kembali bagian bangunan yang hendak disemprot, apakah ada kebocoran dan masalah yang lainnya. Baru Anda bisa menggunakan produknya di area tersebut. 

You Might Also Like